Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KONSENTRASI MENDENGAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA MARDI PUTRA BANTUL

Fitriana, Indra and Eko Wati, Dewi (2019) PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KONSENTRASI MENDENGAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA MARDI PUTRA BANTUL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500002010_Naskah Publikasi.pdf

Download (707kB)

Abstract

Konsentrasi adalah sebuah masalah umum yang dapat dialami orang-orang, salah satunya yaitu anak usia dini. Ketika mendengarkan orang lain bercerita, pikiran kadang terbagi-bagi, akibatnya konsentrasi akan hilang pada saat mendengarkan. Konsentrasi mendengar sangat diperlukan agar dapat mengetahui apa isi ceritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita melalui buku cerita bergambar terhadap konsentrasi mendengar pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Mardi Putra Bantul. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dan one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 28 anak perempuan usia 5-6 tahun di TK ABA Mardi Putra Bantul. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket (kuesioner) konsentrasi mendengar. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan beberapa uji statistik yaitu Uji Chi-Square dan Uji t-test melalui program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar (16,684) > t table (1,703). Rata-rata hasil pretest konsentrasi mendengar berada pada skor 12,00 dan rata-rata hasil posttest konsentrasi mendengar meningkat pada skor 21,54. Dengan demikian, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ho diterima dan berbunyi “ Ada pengaruh metode bercerita melalui buku cerita bergambar terhadap konsentrasi mendengar pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Mardi Putra Bantul”.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Dewi Eko Wati, M.Psi., Psi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 07:48
Last Modified: 28 Sep 2019 07:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.