Repository Universitas Ahmad Dahlan

LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMANTAPAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH MINGGIR TAHUN AJARAN 2018/2019

Putriani, Atika Rizki (2019) LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMANTAPAN KARIR PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH MINGGIR TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500001047_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa pada jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dihadapkan pada pilihan apakah akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, langsung terjun ke dunia pekerjaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, siswa SMK perlu memiliki pemantapan karir yang baik. Hasil studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah Minggir ditemukan masih adanya siswa yang bermasalah dalam memantapkan karir. Oleh karena itu, diperlukan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan pemantapan karir bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui layanan informasi dalam meningkatkan pemantapan karir siswa kelas XI SMK Muhamamdiyah Minggir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design menggunakan model One group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Minggir, yaitu 9 orang siswa. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Instrument penelitian berupa kuisioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan construct validity dengan bantuan SPSS dan microfot excel. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa layanan informasi untuk meningkatkan pemantapan karir pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Minggir Sleman tahun ajaran 2018/2019 terbukti kebenarannya yang ditunjukkan dari nilai t hitung = 23,7> 0,4259 (t tabel) pada taraf signifikansi ( ) = 5% sehingga Ho ditolak yang menunjukan bahwa ada peningkatan pemantapan karir siswa yang signifikan setelah diberikan layanan informasi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Minggir.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Agus Ria Kumara, M. Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 28 Sep 2019 07:39
Last Modified: 28 Sep 2019 07:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.