HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, DUKUNGAN KELUARGA, DAN TINGKAT EKONOMI DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL PADA PENDERITA HIV/AIDS DI YAYASAN MATAHATI PANGANDARAN

Rifa, Fatihatunnida and Desi, Nurfita (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, DUKUNGAN KELUARGA, DAN TINGKAT EKONOMI DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL PADA PENDERITA HIV/AIDS DI YAYASAN MATAHATI PANGANDARAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029043_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029043_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (173kB)

Abstract

Latar Belakang: Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah jenis virus yang menyerang/menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Acquired Immune Defciency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Antiretroviral (ARV) adalah obat yang digunakan untuk mengobati retrovirus seperti HIV serta untuk memperlambat perkembangbiakan virus tersebut, tetapi tidak untuk menyembuhkan HIV. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui hubungan antara pengetahuan, dukungan keluarga, dan tingkat ekonomi dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral pada penderita HIV-AIDS di Yayasan Matahati Pangandaran. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan obsevasional analitik dengan rancangan studi cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah semua penderita HIV/AIDS di wilayah Yayasan Matahati Pangandaran berjumlah 63 orang dari tahun 2018. Instrument penelitian yaitu menggunakan kuesioner. Analisis data dengan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi square. Hasil:Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral nilai p = 0.025 (p<0.05), tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral nilai p = 0.429 (p>0.05), dan tidak ada hubungan antara tingkat ekonomi dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral nilai p = 0.429 (p>0.05). Kesimpulan: ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral, tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dan tingkat ekonomi dengan kepatuhan pengobatan antiretroviral.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Desi Nurfita, S.KM., M.Kes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:22
Last Modified: 05 Oct 2019 06:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item