NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Afriansyah, Idham (2019) NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500003065_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500003065_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena nilai-nilai nasionalisme yang ditanamkan kepada generasi muda saat ini masih belum maksimal. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai nasionalisme sangat perlu bagi siswa. Novel sesuai digunakan sebagai bahan ajar karena banyak mengandung nilai-nilai nasionalisme yang dapat ditanamkan kepada peserta didiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrument penelitian yang digunakan adalah teks novel itu sendiri. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah intra-rater. Metode dan analisis yaitu data yang dikumpulkan merupakan nilai nasionalisme yang terdapat pada novel yang dijadikan sebagai objek analisis. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai Nasionalisme yang terdapat di dalam Novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata yaitu berupa nilai kesatuan, nilai kebebasan, nilai kesamaan, nilai kepribadian, dan nilai prestasi., (2) Novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA.

Kata kunci: Nilai pendidikan, novel sebelas patriot, bahan ajar, sastra.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:08
Last Modified: 07 Oct 2019 02:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15133

Actions (login required)

View Item View Item