DAMPAK KAMPANYE GERMAS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DAN PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IMOGIRI I

Fatonah, Sofi and Wibowo, Marsiana (2019) DAMPAK KAMPANYE GERMAS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU DAN PENINGKATAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS IMOGIRI I. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029052_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029052_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (112kB)

Abstract

Pendahuluan: Bantul merupakan salah satu kota pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Tingginya angka kematian akibat penyakit tidak menular mendorong upaya promotif preventif. Puskesmas Imogiri I sebagai ujung tombak pelaksanaan pelayanan kesehatan primer dengan melakukan kampanye di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak kampanye GERMAS terhadap perubahan perilaku dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Imogiri I.
Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam dan dokumentasi dengan instrumen berupa panduan wawancara. Subyek penelitian berjumlah 10 informan yang terdiri dari 8 di wilayah kerja Puskesmas Imogiri I, 1 petugas promosi kesehatan dan 1 perawat. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil: Puskesmas Imogiri I sudah melaksanakan kampanye GERMAS sejak Mei 2017 dengan fokus kegiatan aktivitas fisik, konsumsi buah sayur dan cek kesehatan. Perubahan perilaku masyarakat dilihat dari pengetahuan masyarakat yang baik, tersedianya fasilitas layanan kesehatan serta sikap dan perilaku petugas kesehatan yang mendukung. Peningkatan derajat kesehatan dapat dilihat dari angka kesakitan. Angka kesakitan pada penyakit hipertensi dan DM mengalami kenaikan disebabkan karena meningkatnya screening yang dilakukan sehingga banyak ditemukan penyakit pada tahun 2018 terutama pada usia dewasa dan lansia. Hambatan dari kampanye ini warga sudah memiliki pengetahuan dan kesadaran namun belum rutin melakukan perilaku hidup sehat.
Kesimpulan: Kampanye GERMAS dapat meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku warga dalam mewujudkan derajat kesehatan yang baik. Diharapkan adanya koordinasi lintas sektor dan penyediaan fasilitas yang menunjang kampanye.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:54
Last Modified: 05 Oct 2019 06:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

View Item View Item