HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN TEKANAN DARAH PADA KARYAWAN PT MATARAM TUNGGAL GARMENT KABUPATEN SLEMAN

Marifah Rahmawati, Luthfatul and Hariyono, Widodo (2019) HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN TEKANAN DARAH PADA KARYAWAN PT MATARAM TUNGGAL GARMENT KABUPATEN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029167_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T1_1500029167_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (236kB)

Abstract

Latar Belakang: Industrialisasi akan selalu diikuti oleh penerapan teknologi tinggi, penggunaan bahan dan peralatan yang semakin kompleks dan rumit. Kebisingan merupakan suatu polutan yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi manusia. Kebisingan merupakan bunyi yang tidak dikehendaki dan melebihi dari NAB (Nilai Ambang Batas) yang telah ditenukan. Kebisingan tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pendengaran tetapi juga dapat menimbulkan gangguan mental emosional serta peredaran darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan intensitas kebisingan dengan tekanan darah pada PT Mataram Tunggal Garment Kabupaten Sleman.
Metode: Jenis penelitian ini observational analitik dengan rancangan crosssectional. Penelitian ini menggunakan teknik probability simple random sampling dimana dari 140 populasi diambil 58 untuk dijadikan sampel penelitian. Alat penelitian berupa check list dan sound level meter. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dan bivariate dengan uji statistik Chi Square.
Hasil: Analisis bivariat didapatkan secara statistik ada hubungan antara intensitas kebisingan dengan tekanan darah pada karyawan PT Mataram Tunggal Garment Kabupaten Sleman. Nilai (p=0,007) lebih kecil dari alpha ( =0,05). Nilai prevalent ratio menunjukkan angka 16,667 artinya PR lebih dari 1 yaitu karyawan yang terpajan kebisingan melebihi NAB (bahaya) memiliki peluang risiko tekanan darah stadium 1 dan 2 sebesar 16,667 kali dibandingkan yang terpajan kebisingan. Berdasarkan kemaknaan biologis nilai Confident Interval (CI) tidak mencakup angka 1 yang berarti ada hubungan antara intensitas kebisingan dengan tekanan darah, penelitian ini bermakna secara statistik dan biologis.
Simpulan: Secara statistik ada hubungan antara intensitas kebisingan dengan tekanan darah pada karyawan bagian cutting dan sewing PT Mataram Tunggal Garment Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 05 Oct 2019 06:54
Last Modified: 05 Oct 2019 06:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item View Item