Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MATAPELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SOMPOKAN

Setyabudi, Iwan and Mardati, Asih (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MATAPELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI SOMPOKAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500005031_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (492kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacer centered) akan membuat keaktifan dan prestasi belajar rendah khususnya pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri Sompokan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui metode Teams Games Tournaments (TGT) pada pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Sompokan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sompokan yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase keaktifan belajar pada siklus I sebesar 70%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77%. Sedangkan hasil prestest perolehan nilai rata-rata kelas adalah 45,55 ketuntasan sebesar 18,5%. Setelah dilaksanakan tindakan, perolehan nilai rata-rata kelas postest siklus I meningkat menjadi 71,48 dengan ketuntasan sebesar 55,5%. Kemudian perolehan nilai rata-rata kelas postest siklus II meningkat menjadi 73,96 dengan ketuntasan sebesar 79,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan metode TGT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Sompokan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:26
Last Modified: 07 Oct 2019 02:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15190

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.