Repository Universitas Ahmad Dahlan

PERAN KEPALA DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KAIBON KECAMATAN AMBAL KEBUMEN JAWA TENGAH ( Kajian Pasal 78 S/d Pasal 82 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 )

ISMAWAN, ROBBY (2019) PERAN KEPALA DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA KAIBON KECAMATAN AMBAL KEBUMEN JAWA TENGAH ( Kajian Pasal 78 S/d Pasal 82 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 ). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500024134_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam melaksanakan Pasal 78 S/d Pasal 82 Undang-Undang Nomor 6 Tentang Desa dalam Pembangunan Desa di Desa Kaibon, untuk mengetahui hambatan dalam melaksanakan Pembangunan Desa, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam melaksanakan Pembangunan Desa di Desa Kaibon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif, data dikumpulkan dan dihubungkan dengan teori-teori yang diperoleh sehingga didapatkan jawaban atas permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah Kepala Desa dan BPD belum maksimal dalam melaksanakan tugasnya pada pembangunan Desa, terlebih dalam hal ini peran BPD sangat lemah dan seluruh kegiatan Pemerintahan Desa dikendalikan oleh Kepala Desa. Hambatannya adalah kurangnya pengetahuan dari BPD terkait fungsi dan tugasnya, kurang pengetahuan masyarakat terhadap keberadaan BPD dan kurangnya koordinasi antar kepala Desa, BPD dan masyarakat. Upaya yang harus dilakukan adalah peningkatan SDM BPD, sosialisasi terkait pembangunan Desa dan koordinasi.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Oct 2019 02:41
Last Modified: 07 Oct 2019 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.