"EVALUASI SISTEM PROTEKSI AKTIF KEBAKARAN DI BANGUNAN RUMAH SAKIT PRATAMA YOGYAKARTA"

Aji Baskoro, Muh and Maulana, Muchsin (2019) "EVALUASI SISTEM PROTEKSI AKTIF KEBAKARAN DI BANGUNAN RUMAH SAKIT PRATAMA YOGYAKARTA". Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_12029244_Naskah Publilkasi.pdf] Text
T1_12029244_Naskah Publilkasi.pdf

Download (169kB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit Pratama Yogyakarta adalah rumah sakit yang mulai berdiri pada tahun 2016, bangunan fisik rumah sakit sendiri memiliki 5 lantai dan berada di tengah pemukiman penduduk. Dengan kondisi seperti itu jika terjadi kebakaran akan memiliki dampak keberbagai pihak, sehingga perlu adanya sistem proteksi kebakaran aktif yang mumpuni dalam rumah sakit tersebut. Sebagai rumah sakit yang relatif baru dioperasikan, Rumah Sakit Pratama Yogyakarta seharusnya memiliki sistem proteksi kebakaran aktif yang dapat mendeteksi, mencegah maupun menanggulangi kebakaran sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia (Standar Nasional Indonesia dan Peraturan Menteri). Akan tetapi pada implementasinya seringkali ditemukan diberbagai rumah sakit penerapan sistem proteksi kebakaran aktif yang tidak sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam peraturan, sehingga diperlukan adanya evaluasi terhadap sistem proteksi kebakaran aktif tersebut.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil: Rumah Sakit Pratama sebagian besar telah memenuhi pemasangan sistem proteksi kebakaran aktif sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Kesimpulan: Hasil observasi menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa bagian yang kurang memenuhi peraturan yang berlaku, salah satunya pada APAR yang tidak mempunyai tanda pemasangan dan belum sepenuhnya dilakukan pemeriksaan berkala 2 tahun sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:24
Last Modified: 08 Oct 2019 04:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item View Item