ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

Debi Salsabila, Sarah and Ulinnuha, Ulinnuha (2019) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI). Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400012241_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1400012241_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Analisi fundamental merupakan salah satu cara untuk membantu investor dalam menganalisis laporan perusahaan. Dengan adanya pemahaman dalam menganalisis laporan keuangan inilah para calon pemegang saham akan dapat menghindari ketidaktauan tentang saham sebuah emiten khususnya saham syariah yang akan dibeli maupun sebaliknya. Investor yang jeli dan memiliki tujuan jangka panjang tidak langsung memutuskan keputusan hanya karena menilai harga saham tersebut overprice, underprice, ataupun normal. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham pada prusahaan yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dalam ISSI tahun 2011-2016. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik penentuan sampel tersebut, didapatkan 102 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Data penelitian diperoleh website resmi masing-masing perusahaan dan yahoo.finance.com. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor fundamental (earning per share, net profit margin, debt to equity ratio, dan price to book value) berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar dalam ISSI. Nilai adjusted R-square sebesar 0,631 artinya variabilitas variabel harga saham syariah mampu dijelaskan oleh variabel earning per share, net profit margin, debt to equity ratio, dan price to book value sebesar 63,1%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:36
Last Modified: 09 Oct 2019 06:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item