Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGARUH SECURE ATTACHMENT TERHADAP REGULASI EMOSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

CHAHYA, INTAN (2019) PENGARUH SECURE ATTACHMENT TERHADAP REGULASI EMOSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500001104_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Regulasi emosi merupakan kemampuan individu dalam mengontrol dan mengatur emosi. Regulasi emosi yang dimiliki individu dapat mengubah emosi dengan terkontrol seperti mengubah emosi negatif menjadi positif dibantu dengan strategi-strategi dalam regulasi emosi. Rendahnya regulasi emosi yang dimiliki individu dapat disebabkan oleh beberapa faktor lingkungan salah satunya keluarga. Secure attachment adalah hubungan kelekatan aman antara orangtua dengan anak. Secure attachment membantu anak dalam mengeksplorasi dunia dan memperluas pengetahuan akan lingkungan. Anak lebih dekat dengan figur ibu yang selalu siap mendampingi dan melindungi dimana anak merasa lebih aman dan nyaman untuk mengekspresikan emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secure attachment terhadap regulasi emosi pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 257 orang siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Sampel penelitian dengan taraf kesalahan 5% adalah 149 orang siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala psikologis yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Perhitungan data dilakukan dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 22 For Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil nilai koefisien regresi bahwa t hitung > t tabel (6,920 > 1,976) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif secure attachment terhadap regulasi emosi pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Secure attachment memberikan sumbangan efektif sebesar 24,6 % terhadap regulasi emosi dan sisanya sebesar 75,4 % dijelaskan dari faktor-faktor lain.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:41
Last Modified: 09 Oct 2019 06:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.