ANALISIS RISIKO ERGONOMI PADA PETANI KARET DI DESA BERINGIN JAYA WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG

Wibawa, Muhammad Gede and Ardi, Subhan Zul (2019) ANALISIS RISIKO ERGONOMI PADA PETANI KARET DI DESA BERINGIN JAYA WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500029076_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500029076_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: penilaian risiko ergonomi diperlukan ketika postur kerja seorang memiliki risiko yang dapat menimbulkan cedera otot skeletal. Metode untuk melakukan penilaian terhadap postur kerja diantaranya: RULA, REBA, dan QEC. Data dari survey work-related disease di Inggris menunjukkan bahwa dari perkiraan 43.000 pekerja di sektor pertanian terjadi gangguan ergonomis dengan rincian kasus back pain injury pada 27.000 pekerja, upper limb injury pada 10.000 pekerja dan keluhan pada lower limb injury pada 11.000 pekerja. di Desa Beringin Jaya terdapat 387 kepala keluarga dengan jumlah penduduk yaitu 1.255 jiwa. 85% penduduk berprofesi sebagai petani karet. Petani karet di Desa Beringin Jaya mengalami keluhan nyeri dibagian leher, tangan dan punggung.
Metode : Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan case study dan menggunakan tool survey REBA, Subjek penelitian ini adalah petani karet di Desa Beringin Jaya Way Tuba Kabupaten Way Kanan Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling snow ball, Jenis data didalam penelitian ini yaitu data primer, didapatkan melalui obsevasi, pengukuran dan wawancara. analisis data dengan mode Miles dan Huberman.
Hasil : tingkat risiko ergonomi pada proses perawatan mendapatkan skor 11+, proses pemanenan tahap penyadapan mendapatkan skor 11+, tahap pemulungan getah karet mendapatkan skor 11+, proses penjualan mendapatkan skor akhir 9.
Kesimpulan: tingkat risiko ergonomi pada semua proses pekerjaan petani di Desa Beringin Jaya Way Tuba kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung mendapatkan level risiko tinggi sampai sangat tinggi.
Kata Kunci: risiko ergonomi, petani karet, REBA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:26
Last Modified: 11 Oct 2019 01:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item