Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Kepuasan Bersekolah pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Romdhoniyah, Siti Nurfadhilatur (2019) Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Kepuasan Bersekolah pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1400013219_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1400013219_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara iklim sekolah dengan kepuasan bersekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah 111 subjek diantaranya siswa kelas XI dan Kelas XII SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta.
Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepuasan bersekolah dan skala iklim sekolah. Data yang diperoleh dalam peneltian ini dianalisis menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows 17.0. metode analisis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kepuasan bersekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim sekolah dengan kepuasan bersekolah pada siswa menengah atas. Hasil korelasi antara variabel iklim sekolah dengan kepuasan bersekolah diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,531 dengan taraf signifikansi p = 0,001 (p < 0,01). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Sumbangan efektif variabel bebas (iklim sekolah) terhadap variabel tergantung (kepuasan bersekolah) adalah bahwa variabel iklim sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 28,2%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara iklim sekolah dengan kepuasan bersekolah artinya. semakin tinggi iklim sekolah maka semakin tinggi kepuasan bersekolah. Sebaliknya, semakin rendah iklim sekolah maka semakin rendah juga kepuasan bersekolah.
Kata kunci : iklim sekolah, kepuasan bersekolah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:50
Last Modified: 11 Oct 2019 01:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item