Aidil Setiawan, Febri (2019) PENGEMBANGAN POLA KONSULTASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BPSK KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Hukum, Universitas Ahmad Dahlan.
Text
T1_1500024094_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (513kB) |
Abstract
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) merupakan lembaga
khusus yang dibentuk dan diatur untuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan
antara konsumen dengan pelaku usaha sekaligus memberikan layanan konsultasi
yang diatur dalam Pasal 52 Undang-Undang Perlindungan Konsumen Tahun
1999. BPSK Kota Yogyakarta dalam menyelesaikan sengketa antara konsumen
dengan pelaku usaha menggunakan beberapa cara pendekatan alternatif yaitu:
mediasi, konsiliasi, dan abritase. Pendekatan melalui konsultasi lebih bersifat
memberikan pemahaman yang lebih terhadap wawasan konsumen akan hakhaknya yang dilanggar oleh pelaku usaha serta pemahaman apakah sengketa yang
dialami oleh konsumen dapat diproses atau tidak oleh BPSK.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis normatif. Sumber data
yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan
data primer dilakukan dengan wawancara dan pengumpulan data sekunder
dilakukan dengan studi pustaka. Keseluruhan data di analisis dengan analisa
kualitatif deskriptif.
Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola konsultasi yang diberikan
oleh masing-masing sekretariat BPSK Kota Yogyakarta melakukan pola yang
sama, yaitu: Sekretariat BPSK Kota Yogyakarta mendengar konsumen secara
langsung, menganalisis kasus dan menjelaskan wewenang BPSK Kota
Yogyakarta, Memberikan Solusi kepada konsumen. Pengembangan pola
konsultasi BPSK Kota Yogyakarta yaitu: Sekretariat BPSK Kota Yogyakarta
melaksanakan Workshop, dan layanan konsultasi via telepon, namun dari
pengembangan pola konsultasi yang diberikan belum dirasa membantu konsumen
secara signifikan dan masih terdapat batasan-batasan sehingga pola baru yang
ditawarkan belum maksimal. BPSK Kota Yogyakarta dalam memberikan layanan
konsultasi kepada konsumen terdapat beberapa kesulitan, yaitu stigma konsumen
yang beranggapan bahwa setiap kerugian kensumen dapat diselesaikan melalui
BPSK, dan tidak semua konsumen yang berkonsultasi beriktikad baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 12 Oct 2019 03:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2019 03:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15275 |
Actions (login required)
View Item |