PENGALAMAN BERSAHABAT DAN DINAMIKA INTERAKSI ANAK SELECTIVE MUTISM DI SEKOLAH INKLUS

Wijayanti, Y. Kartika Retno (2019) PENGALAMAN BERSAHABAT DAN DINAMIKA INTERAKSI ANAK SELECTIVE MUTISM DI SEKOLAH INKLUS. Masters thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_191008102333_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
T2_191008102333_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (573kB)

Abstract

Pengalaman bersahabat dan menjalin relasi interpersonal dengan teman sebaya merupakan sebuah fase penting bagi perkembangan diri seorang remaja, tanpa terkecuali remaja dengan SM (Selective Mutism). Persahabatan dipercaya akan membentuk kepribadian seseorang dan berkontribusi penting dalam kehidupan seseorang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi dan gambaran pengalaman berteman anak SM, pola relasi yang ditampilkan oleh anak SM ketika menjalin hubungan pertemanan dengan teman sebayanya di sekolah, dan penerimaan lingkungan sekolah terhadap anak SM.
Berdasarkan studi kasus yang dilakukan oleh peneliti, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa subjek penelitian mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan pengalamannya berteman karena memang ia tidak pernah berteman dekat dengan siapapun sebelumnya, kemudian pola relasi yang ditampilkan juga menunjukkan bahwa subjek cenderung pasif dan diam.
Kesimpulan dari studi kasus ini adalah subjek memang memiliki kesulitan dalam berteman dan berkomunikasi dengan lingkungannya meskipun lingkungannya sebenarnya menerimanya.
Kata kunci: persahabatan, remaja, selective mutism

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 12 Oct 2019 06:23
Last Modified: 12 Oct 2019 06:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item