Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA TERHADAP PENGEROYOKAN SUPORTER SEPAK BOLA YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN DI YOGYAKARTA

Wati, Rahmah (2019) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA TERHADAP PENGEROYOKAN SUPORTER SEPAK BOLA YANG MENGAKIBATKAN KEMATIAN DI YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1500024100_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya bentrokan antar suporter bola yang mengakibatkan kematian di Yogyakarta, untuk mengetahui penegakan hukum terhadap tindak pidana pengeroyokan suporter sepak bola yang menyebabkan kematian di Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan normative empiris. Sumber data terdiri dari data primer yaitu wawancara, sedangkan data skunder dan tersier adalah sumber hukum primer. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan dan wawancara. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab tindak pidana pengeroyokan yang dilakukan suporter adalah faktor rivalitas suporter, fanatisme suporter, keinginan menjadi number one di Yogyakarta, faktor area penyebaran suporter, faktor lingkungan, faktor sosial media, faktor komunitas, faktor perbedaan persepsi, faktor komunikasi. Penegakan hukumnya Kepolisian sudah melakukan upaya-upaya pencegahan dan upaya-penindakan. Sanksi yang diberikan Kepolisian kepada pelaku bersifat perseorangan yaitu Pasal 170 KUHP, 351 KUHP, dan 358 KUHP.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 15 Oct 2019 01:23
Last Modified: 15 Oct 2019 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15318

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.