Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA SECARA INTEGRATIF

Siti, Aisah (2019) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN ONLINE DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA SECARA INTEGRATIF. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1500024119_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penipuan Online adalah yang dapat mengacu pada aktivitas kejahatan yang dimana perbuatan tersebut dapat menggunakan jaringan atau komputer sebagai sarana atau alat untuk melakukan suatu kejahatan, perbuatan yang melawan hukum yang di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atas tingkah laku yang di lakukan melalui media ninternet, termasuk didalamnya antara lain adalah penipuan pada jualbeli, transaksi dan atau mencuri suatu data dari pihak lain, dimana hal tersebut dapat menggunakan jaringan komputer (E-Commerce). Dimana faktor penyebab utamanya adalah faktor masyarakatnya sendiri, faktor budaya,dan faktor lingkungan, dari berbagai kejahatan penipuan online Polres Sleman telah melakukan berbagai macam upaya antara lain, melakukan penindaan terhadap kejahatan pelaku, melacak keberadaan pelaku, pemblokiran nomor rekening pelaku, melakukan penindaan dan daya kerja di berbagai institusi yang berkaitan dengan tindak pidana, serta upaya lainya adalah dengan memberikan himbauan kepada masyarakat menggunakan media internet. Tujuan pada penelitian ini pada dasarnya adalah adalah untuk mengetahui peranan Polresta Sleman dalam mengungkap kebenaran dari faktor penyebab terjadinya penipuan online tersebut. Serta bagaimana upaya penegakan dan pencegahan terhadap kejahatan penipuan online yang terjadi di kabupaten Sleman. Penulis mengambil lokasi penelitian di Polres Sleman, metode penelitian adalah metode penelitian lapangan (field research) yaitu dengan mengumpulkan sejumlah data yang berkaitan dengan topik penelitian, serta melakukan wawancara dan studi kepustakaaan.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Pembimbing Naskah Publikasi (Tugas Akhir): Mufti Khakim, S.H., M.H
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:44
Last Modified: 15 Oct 2019 06:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.