Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Guru SD/MI pada Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul

Zahrotun, Lisna (2019) Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Guru SD/MI pada Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Pelatihan pembuatan blog bagi Guru SD MI pada BKS SD MI Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Bantul.pdf] Text
Pelatihan pembuatan blog bagi Guru SD MI pada BKS SD MI Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Bantul.pdf

Download (878kB)

Abstract

Pemanfataan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) dalam sebuah instansi membutuhkan kesiapan dari berbagai pihak. Kesiapan ini meliputi kesiapan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari sekolah maupuan dari orang tua siswa, sarana dan prasarana dan dukungan dari pimpinan sebuah instansi. Dalam dunia pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Guru memiliki peranan penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan proses pembelajaran maupun dalam mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pembelajaran. Salah satu badan yang mengurusi kegiatan sekolah adalah Badan Kerja Sama (BKS) SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul. Ada kurang lebih 52 Sekolah Dasar Muhammadiyah/Aisyiyah yang berada di bawah BKS SD/MI ini. Berdasarkan wawancara dengan pihak BKS, sebagian besar Sekolah Dasar Muhammadiyah/ Aisyiyah belum memanfaatkan Teknologi Infomasi dan Komunikasi dalam mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pembelajaran, padahal dari sisi sarana dan prasaran hampir setiap guru sudah memiliki labtop pribadi. Sehingga dengan melihat dari kondisi guru maka dalam pengabdian ini dilakukan pelatihan pembuatan blog bagi guru pada perwakilan BKS SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul.
Metode dalam pengabdian ini adalah pra pelaksanaan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pra pelaksanaan digunakan untuk menyamakan materi blog yang dibutuhkan oleh guru-guru, dimana dalam hal ini pesertamengisi kuisoner sebelum pelatihan. Pelatihan merupakan praktek langsung yang dilaksanakan untuk menambah ketrampilan guru dalam membuat blog. Pendampingan dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru dalam mengisi konten blog. Evaluasi dalam pelatihan dilakukan dengan menyebarkan kuisioner setelah pelatihan kepada peserta.
Dari pelatihan yang telah dilakukan dihasilkan Blog dari setiap peserta pelatihan, Peningkatan kompetensi guru dalam membuat dan mengelola Blog dari 47.15 % menjadi 81.81 %. Selain itu juga meningkatkan proses pembelajaran yang nteraktif yang melibatkan orang tua melalui komunikasi menggunakan Blog.

Kata kunci : Pelatihan, Blog

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Mrs. Lisna Zahrotun
Date Deposited: 18 Oct 2019 21:04
Last Modified: 18 Oct 2019 21:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item