Repository Universitas Ahmad Dahlan

HASIL CEK SIMILARITY_PENGARUH ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) TERHADAP KEBERADAAN PEKERJA MIGRAN (UNSKLILLED LABOUR)DI INDONESIA

Shalihah, Fithriatus (2017) HASIL CEK SIMILARITY_PENGARUH ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) TERHADAP KEBERADAAN PEKERJA MIGRAN (UNSKLILLED LABOUR)DI INDONESIA. Fakultas Hukum Universitas Islam Riau Pekanbaru.

[img]
Preview
Text
HASIL CEK_ Pengaruh ASEAN Economic Community (AEC) terhadap keberadaan pekerja migran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2017 sekarang, terjadi peningkatan jumlah pekerja migran di Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah kepulauan perbatasan yang memiliki akses masuk lebih mudah melalui jalur laut. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemudahan yang ditimbulkan oleh kebijakan pemerintah. Namun persoalannya pekerja migran yang berdatangan tidak semua sesuai dengan apa yang sudah menjadi kesepakatan dalam Asean Economic Community (AEC). Bahkan telah banyak fenomena fakta pekerja migran unskilled labour yang mewarnai pasar kerja di tanah air. Hal ini tentu saja menjadi persoalan hukum dan persoalan sosial tersendiri. Di era global seperti ini pemerintah dituntut untuk mengakomodir mengenai aturan para pekerja (buruh) unskilled labour yang belum ada di Indonesia saat ini. Jika pemerintah tidak segera meratifikasi konvensi buruh migran maka para pekerja (buruh) unskilled labour tersebut akan semakin mudah untuk keluar masuk wilayah ASEAN dan bekerja sebagai tenaga kerja tidak terampil, yang pada dasarnya masih banyak warga negara Indonesia yang membutuhkan pekerjaan sekalipun itu hanya menjadi pekerja kasar. Keberadaan pekerja (buruh) unskilled labour sangat berpengaruh bagi Indonesia karna di era AEC ini, semakin maraknya TKA yang bekerja sebagai pekerja kasar di Indonesia membuat pekerja lokal merasa resah karna banyaknya perusahaan/pabrik yang rela melepas pekerja lokal demi memperkerjakan buruh migran ini yang pada dasarnya mereka sama-sama tidak memiliki keahlian khusus di bidangnya dan kedatangan pekerja asing yang sangat besar dapat menimbulkan persoalan sosial, politik, ekonomi, dan keamanan dalam negeri. Pemerintah harus bijak menyikapi hal ini agar tak terjadi persoalan sosial yang semakin meruncing yang disebabkan oleh direbutnya pasar kerja untuk unskilled labour kepada pekerja migran.

Item Type: Other
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: Dr. M.H. FITHRIATUS SHALIHAH
Date Deposited: 19 Oct 2019 06:37
Last Modified: 13 Jan 2020 06:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.