PERTUMBUHAN IKAN MAS NAJAWA (Cyprinus carpio Linn.) PADA BEBERAPA KONSENTRASI FERMENTASI KULIT ARI KEDELAI DALAM PAKAN PELET KOMERSIL

Wara Iswari, Dinar (2019) PERTUMBUHAN IKAN MAS NAJAWA (Cyprinus carpio Linn.) PADA BEBERAPA KONSENTRASI FERMENTASI KULIT ARI KEDELAI DALAM PAKAN PELET KOMERSIL. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of ARTIKEL ILMIAH.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Ikan Mas Najawa merupakan ikan mas hasil temuan Balai Pengembangan Tenologi Kelautan dan Perikanan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ikan Mas Najawa ini mulai dibudidayakan pada tahun 1970 hingga saat ini. Ikan Mas Najawa mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan Ikan Mas Najawa dengan pemberian berbagai konsentrasi pakan tambahan berupa fermentasi kulit ari kedelai. Kulit ari kedelai merupakan salah satu limbah hasil proses pembuatan tempe yang masih jarang dimanfaatkan. Kulit ari kedelai yang telah difermentasi menggunakan jamur Aspergillus niger memiliki kandungan protein kasar mencapai 17%, sehingga berpotensi dijadikan pakan tambahan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 6 ulangan. Variasi yang diberikan adalah pelet dan fermentasi kulit ari kedelai dengan kombinasi 100 % pelet (K), 95% pelet dan 5% fermentasi kulit ari kedelai (P1), 90% pelet dan 10% fermentasi kulit ari kedelai (P2), 85% pelet dan 15% fermentasi kulit ari kedelai (P3). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Analysis of Varian (ANOVA). Hasil menunjukkan perlakuan 90% pelet dan 10% fermentasi kulit ari kedelai (P2) dapat memberikan pertumbuhan yang optimum pada ikan Mas Najawa (Cyprinus carpio Linn.) dengan pertambahan panjang 0,45 cm dan bobot 0,40 gram.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Q Science > QK Botany
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:06
Last Modified: 25 Oct 2019 01:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item