Repository Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II

Sapitri, Nova and Hidayah, Nur (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
Artikel Publikasi (1).pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman karakter religius pada peserta didik. Peserta didik masih membutuhkan dorongan dan arahan dalam melaksanakan shalat. Peserta didik perlu bimbingan dan motivasi dari guru untuk membentuk sikap dan perilaku secara Islami . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler Hizbul di SD Muhammadiyah Karangkajen II. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 1 guru, 2 pembina, dan 3 peserta didik. Objek penelitian yaitu implementasi pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Karangkajen II menjadi beberapa aspek yaitu, 1) perencanaan pendidikan karakter religius direncanakan melalui rapat pembahasan program pendidikan karakter di awal tahun dengan menyusun jadwal latihan, menyusun kurikulum Hizbul Wathan, dan menyesuaikan materi dengan kurikulum Hizbul Wathan, 2) pelaksanaan kegiatan didasarkan pada prinsip dasar kepanduan, menggunakan metode demonstrasi, serta terdapat sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kegiatan, 3) evaluasi kegiatan Hizbul Wathan dilakukan melalui pengamatan, presensi, penugasan, dan tes (Ujian SKT).

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 21 Nov 2019 01:31
Last Modified: 21 Nov 2019 01:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.