Pengembangan KIT Praktikum Termodinamika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turi

Nursari, Novi (2019) Pengembangan KIT Praktikum Termodinamika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Turi. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500007073_ Naskah Publikasi.pdf] Text
T1_1500007073_ Naskah Publikasi.pdf

Download (845kB)

Abstract

Siswa akan mudah memahami materi termodinamika jika menggunakan media
pembelajaran, tidak hanya konsep-konsep teori saja yang dipelajari dan dipahami namun
dipraktikkan, untuk mendukung praktik tersebut membutuhkan alat peraga berupa Komponen
Instrumen Terpadu (KIT) praktikum sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. Seiring
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih ini, KIT praktikum
berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) belum begitu banyak
digunakan. Sehingga dalam penelitian ini telah dikembangkan media pembelajaran berupa KIT
praktikum termodinamika berbasis STEM untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan KIT praktikum termodinamika berbasis
STEM dan mengetahui respon siswa terhadapa KIT praktikum termodinamika berbasis STEM
untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembagan
(Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation).
Instrumen penelitian yang diguankan berupa lembar validasi berupa kelayakan produk oleh ahli
materi, ahli media dan guru fisika serta lembar respon siswa yaitu menggunakan skala likert yang
dibuat dalam bentuk checklist. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Turi.
Hasil penelitian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis
sesuai dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk yang
dikembangkan. Hasil penelitian kelayakan produk oleh ahli materi rata-rata sebesar 3,59 dengan
kategori sangat layak; oleh ahli media rata-rata sebesar 3,83 dengan kategori sangat layak. Hasil
penilaian guru fisika diperoleh rata-rata sebesar 3,82 dengan kategori sangat layak; dan hasil
respon siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 88,75% termasuk dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa produk yang
dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, KIT praktikum, termodinamika, STEM

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 23 Nov 2019 00:46
Last Modified: 23 Nov 2019 00:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15783

Actions (login required)

View Item View Item