HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN SMARTPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI

Nurherawati, Nurherawati (2020) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN SMARTPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of Naskah Publikasi Nurherawati.docx] Text
Naskah Publikasi Nurherawati.docx

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan smartphone pada mahasiswa Fakultas Psikologi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2017 Universitas Ahmad Dahlan. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa yang berada di Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kecanduan Smartphone dan skala Kontrol Diri. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan kontrol diri dengan nilai kolerasi sebesar (ryx) = -0,747 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (< 0,05) sehingga hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi nilai R square = 0,557 yang berarti variabel kontrol diri dipengaruhi oleh kecanduan smartphone sebesar 55,7% dan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dan kecanduan smartphone sehingga semakin rendah Kontrol diri maka Kecanduan Smartphone semakin tinggi.

Kata Kunci : kecanduan smartphone, kontrol diri, mahasiswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 04 Jan 2020 01:50
Last Modified: 04 Jan 2020 01:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item