Ayo Saling Menghargai

Fatmawati, Laila and Erviana, Vera Yuli and Setiawan, Anggra (2017) Ayo Saling Menghargai. K-Media, Yogyakarta. ISBN 978-602-451-069-5

[thumbnail of Ayo Saling Menghargai-compressed.pdf] Text
Ayo Saling Menghargai-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kondisi multikultural yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terdiri dari wilayah dari Sabang sampai Merauke dengan kondisi yang bermacam-macam pada setiap daerahnya. Bukan sesuatu yang asing bila di Indonesia terdapat banyak sekali adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda-beda setiap
daerahnya.
Multikultural merupakan kondisi dimana dalam suatu daerah terdapat keberagaman adat istiadat, mulai dari agama, ras, suku, adat berpakaian, tarian adat, upacara adat, rumah adat dan lain sebagainya. Hidup di Indonesia berarti hidup dengan keberagaman budaya dan perbedaan masyarakatnya yang banyak. Oleh karena itu untuk menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan untuk ketahanan nasional di tengah perbedaan memerlukan suatu tindakan dari setiap warga negara Indonesia.
Beragam cara dapat kita lakukan untuk hidup di tengah perbedaan yang ada di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan saling menghormati perbedaan dan menumbuhkan sikap toleransi terhadap keberagaman. Toleransi diartikan sebagai sikap menahan diri, berhat-hatii lapang dan selalu memberikan kesempatan untuk orang lain berpendapat.
Perbedaan bukanlah menjadi kendala dalam mewujudkan semangat persatuan bangsa Indonesia. Hendaknya setiap individu saling menghormati, menghindari sikap egois, menunjung tinggi nilai kemanusiaan, guna meningkatkan semangat persatuan Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:49
Last Modified: 06 Jan 2020 03:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16235

Actions (login required)

View Item View Item