MODIFIKASI OPERATION OVERLAPPING (TRANSFER BATCHES) UNTUK MENURUNKAN LEAD TIME MANUFAKTUR

Budijati, Siti Mahsanah MODIFIKASI OPERATION OVERLAPPING (TRANSFER BATCHES) UNTUK MENURUNKAN LEAD TIME MANUFAKTUR. [Artikel Dosen]

[thumbnail of 2.5. Modifikasi operation overlapping-Prosiding SNAST 2008-AKPRIND.pdf]
Preview
Text
2.5. Modifikasi operation overlapping-Prosiding SNAST 2008-AKPRIND.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Proses produksi pada PT Sumiati Ekspor Internasional seringkali mengalami keterlambatan dalam memenuhi pesanan konsumen. Hal ini terutama karena terjadinya penumpukan WIP (work in process) pada stasiun kerja Puring. Penelitian sebelumnya dengan pendekatan TOC ( Theory of Constrain) yang dilakukan oleh Yakin (2004) memberikan rekomendasi penambahan 1 orang tenaga kerja pada stasiun kerja Puring, tanpa mengubah ukuran batch, yang bertipe equal sublot. Usulan ini berarti meningkatkan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Pada penelitian ini penyelesaian masalah didekati dengan penentuan ukuran batch yang tepat ketika dilakukan transfer antar dua stasiun kerja, dimana tipe sublot diubah menjadi variable sublot. Selanjutnya berdasar ukuran batch tersebut dilakukan penjadwalan dengan 3 metode yaitu FCFS (First Come First Serve) dengan pendekatan maju, EDD (Earliest Due Date) pendekatan maju, dan EDD (Earliest Due Date) pendekatan mundur. Hasil penjadwalan FCFS menunjukkan bahwa untuk order lilin Pilar jika dirilis pada 12 Januari maka akan selesai pada 13 Januari, sedangkan Medium Pilar I dapat dirilis 13 Januari dan selesai pada 13 Januari juga. Dengan due date kedua order tersebut 16 Februari berarti dapat diselesaikan jauh sebelum due date. Sedangkan order Medium Pilar II dapat diselesaikan kurang dari 1 hari kerja. EDD pendekatan maju memberikan solusi yang sama dengan FCFS. Metode EDD pendekatan mundur memberikan hasil jika penjadwalan produksi diakhirkan pada 16 Februari, maka order Medium Pilar I dapat dirilis pada 16 Februari juga, sednagkan order Pilar dapat dirilis 15 Februari, sementara Medium Pilar II dapat dirilis 25 Februari dan seslesai pada hari itu juga.
Kata kunci: ukuran batch, FCFS, EDD

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Siti Mahsanah Budijati
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:36
Last Modified: 14 Jan 2020 02:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item View Item