PENINGKATAN SIKAP KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV

Dzulfikar W, Aziz (2019) PENINGKATAN SIKAP KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of jurnal PTK Aziz Dzulfikar Wahono.pdf] Text
jurnal PTK Aziz Dzulfikar Wahono.pdf

Download (346kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Menerapkan model Group Investigation untuk meningkatkan sikap kerja sama dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3. 2) Meningkatkan sikap kerja sama dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menerapkan model Group Investigation untuk meningkatkan sikap kerja sama dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3. 2) Meningkatkan sikap kerja sama dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Kotagede 3 yang berjumlah 32 siswa. Teknik Pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan strategi pembelajaran Group Investigation dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari pembuktian pada aktivitas yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari skor 3,17 pada siklus I menjadi 3,58 pada siklus II dan nilai rata-rata siswa pada siklus I 2,51 menjadi 3,26 pada perolehan siklus II. Pembelajaran dengan strategi pembelajaran Group Investigation memiliki dampak yang meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku, yang ditandai dengan nilai rata – rata dan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Ketuntasan klasikal siklus I 41% dan naik menjadi 84% pada siklus II.
Kata Kunci : PTK, kerja sama, Group Investigation

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:56
Last Modified: 31 Jan 2020 02:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item View Item