JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL NHT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BHAYANGKARA KOTA YOGYAKARTA

Fauziani, Latifah. (2019) JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL NHT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BHAYANGKARA KOTA YOGYAKARTA. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK LATIFAH FAUZANI-dikonversi.pdf] Text
JURNAL PTK LATIFAH FAUZANI-dikonversi.pdf

Download (230kB)

Abstract

Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang dirancang dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada siswa tentang bahan matematika yang dipelajari. Oleh sebab itu, pendidikan matematika harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan disenangi siswa. Untuk itu, diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran NHT. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui lmodel NHT pada siswa kelas III SDN Bhayangkara kota Yogyakarta? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui model NHT pada siswa kelas III SDN Bhayangkara kota Yogyakarta.
Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas III SDN Bhayangkara kota Yogyakarta sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kriteria baik dan siklus II skor 24 kriteria baik,. Simpulan penelitian ini; dengan menerapkan model NHT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang meliputi keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas III SDN Bhayangkara. Saran bagi guru; model pembelajaran NHT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci: aktivitas belajar; hasil belajar; model NHT.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:00
Last Modified: 31 Jan 2020 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item