UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Putri Utami, Novia (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK NOVIA PUTRI UTAMI.pdf]
Preview
Text
JURNAL PTK NOVIA PUTRI UTAMI.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah Condongcatur, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek peneltiian ini adalah siswa kelas IV-B SD Muhammadiyah Condongcatur yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, skala motivasi, dan soal evaluasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitaif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Pada saat kondisi awal presentase rata-rata motivasi belajar Matematika sebesar 63,8% termasuk kategori sedang dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV-B memiliki rata-rata 50,8. Setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TGT (presentasi kelas, TIM, permainan, turnamen, dan penghargaan kelompok) pada siklus I, persentase rata-rata motivasi belajar Matematika menjadi 70,3% dalam kategori sedang dan hasil belajar Matematika memiliki rata-rata 74,8. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar Matematika siswa mencapai 82,8% termasuk dalam kategori tinggi dan hasil rata-rata hasil belajar Matematikan mencapai 82,9 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru mempertegas aturan turnamen, dan adanya pembagian tugas dalam kelompok
Kata kunci: motivasi, hasil belajar Matematika, kooperatif tipe TGT

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:00
Last Modified: 31 Jan 2020 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item