PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOALCERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN

Tri Muharyanti, Wheny (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOALCERITA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK Wheny Tri Muharyanti.pdf] Text
JURNAL PTK Wheny Tri Muharyanti.pdf

Download (252kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika realistic menggunakan soal cerita sering kali membuat siswa kesulitan membaca dan memahami persoalan matematika. Siswa sekolah dasar membutuhkan kesabaran dan kemampuan memahami soal cerita Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar guna mengatasi kesulitan siswa dalam memahami soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV B SD Negeri Bhayangkara Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan beberapa siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Bhayangkara yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika pada siswa kelas IV B SD Negeri Bhayangkara. Peningkatan persentase yaitu pada siklus I dengan persentase 61% menjadi 82%. Selain itu, terdapat pula peningkatan perolehan rata-rata nilai tes siklus I sebesar 71,1 dan rata-rata nilai tes siklus II sebesar 80,2. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Bangun Datar, Matematika, dan Penyelesaian Soal Cerita.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:59
Last Modified: 31 Jan 2020 02:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item