PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PPKn MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IVD SD MUH CONDONGCATUR

Khusna, Aminatul (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PPKn MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IVD SD MUH CONDONGCATUR. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK_AMINATUL KHUSNA.pdf] Text
JURNAL PTK_AMINATUL KHUSNA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IVD SD Muhammadiyah Condongcatur.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 40 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis & Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan studi dokumenter. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif untuk menganalisis keaktifan dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IVD SD Muhammadiyah Condongcatur. Peningkatan persentase setiap butir pengamatan keaktifan siswa meningkat dari pra tindakan pada kegiatan visual persentase sebesar 25%, pada siklus I sebesar 45%, pada siklus II sebesar 85%. Aspek kegiatan lisan pada pra tindakan sebesar 17,5%, pada siklus I menjadi 45%, pada siklus II sebesar 77,5%. Aspek kegiatan mendengarkan, pada pra tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I sebesar 67,5%, pada siklus II sebesar 85%. Aspek kegiatan menulis pada pra tindakan persentase sebesar 37,5%, pada siklus I sebesar 55%, pada siklus II mencapai 77,5%. Aspek kegiatan mental pada pra tindakan persentasenya sebesar 35%, siklus I sebesar 55%, pada siklus II sebesar 75%. Aspek kegiatan emosional, pada pra tindakan sebesar 32,5%, pada siklus I sebesar 52,5%, pada siklus II sebesar 75%. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 73,72 pada siklus I meningkat menjadi 77,20. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77,20 menjadi 81,25. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada pra tindakan sebesar 40%, sedangkan pada siklus I sebesar 60%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 80%. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥75% dan dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil.
Kata kunci: keaktifan, hasil belajar PPKn, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:56
Last Modified: 31 Jan 2020 02:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item