PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SINEKTIK UNTUK SISWA KELAS IVA SD NEGERI BHAYANGKARA

Krisnawanti, Apriliana (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SINEKTIK UNTUK SISWA KELAS IVA SD NEGERI BHAYANGKARA. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK_APRILIANA KRISNAWANTI.pdf] Text
JURNAL PTK_APRILIANA KRISNAWANTI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode sinektik pada siswa kelas IVA SD Negeri Bhayangkara.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas IVA SD Negeri Negeri Bhayangkara Yogyakarta sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Proses yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu siswa mendeskripsikan situasi saat ini, siswa menganalogi langsung, siswa menganalogi secara personal, siswa menganalisis konflik padat, siswa menganalogi langsung kembali, dan siswa memeriksa kembali tugas awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai rata-rata yang diperoleh pada tahap pratindakan yaitu 60 . Pada akhir siklus I persentase rata-rata meningkat menjadi 69,4. Persentase siswa yang telah mencapai KKM yaitu 46,15% (12 siswa). Pada akhir siklus II, presentase rata-ratanya meningkat menjadi 75. Persentase siswa yang sudah mencapai KKM yaitu sebesar 80,76% (21 siswa). Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa yang telah mencapai ketuntasan sudah mencapai ≥ 75%. Maka dapat disimpulkan bahwapenggunaan metode sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi untuk siswa kelas IVA SD Negeri Bhayangkara.
Kata kunci: Menulis puisi, Metode sinektik, dan SD Negeri Bhayangkara

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16818

Actions (login required)

View Item View Item