PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VB SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Rifanty, Epriliana (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VB SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK_EPRILIANA RIFANTY.pdf] Text
JURNAL PTK_EPRILIANA RIFANTY.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Keaktifan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu keaktifan fisik dan keaktifan mental. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019, yaitu pada bulan Maret. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur yang terdiri dari 41 peserta didik. Objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 73,25% (kategori baik), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,79% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9,54%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VB SD Muhammadiyah Condongcatur.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item