PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL BRAIN BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Riskiningtyas, Lili and Hartini, Sri (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL BRAIN BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IVC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Lili Riskiningtyas.pdf]
Preview
Text
Jurnal PTK_Lili Riskiningtyas.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model brain based learning pada siswa kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur, Sleman, DIY Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Tagggart yang berisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IVC SD Muhammadiyah Condongcatur yang berjumlah 38 siswa. Instrument yang digunakan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Pada saat kondisi awal persentae rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 26,31% termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata nilai kelas adalah 64,68, setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model brain based learning pada siklus I, persentasi kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 60,53% dalam kategori sedang dan rata-rata kelas yaitu 76,13. Pada siklus II persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 81,58% dalam kategori tinggi dan rata-rata kelas adalah 83,29. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu 75% dan dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16821

Actions (login required)

View Item View Item