PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD

Nur Azilah, Resti (2019) PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Resti Nur Azilah.pdf]
Preview
Text
Jurnal PTK_Resti Nur Azilah.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan RME pada siswa kelas IVB dan meningkatkan pemahaman konsep bangun datar menggunakan pendekatan RME pada siswa kelas IVB tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dati dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
yaitu siswa kelas IV SD yang berjuml ah 32 siswa yaitu 17 siswa perempuan dan
15 siswa laki laki. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa,
guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, dan tes Data penelitian ini dianalisis seca ra deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas IVB SDN Kotagede 3. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siklus I yaitu 73,44% dan siklus II yaitu 78,13% dengan indikator keberhasilan yaitu minimal 75%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item