PENINGKATAN KEAKTFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN KOTAGEDE 3

ARUM SAFITRI, RIFKA (2019) PENINGKATAN KEAKTFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN KOTAGEDE 3. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Rifka Arum Safitri.pdf] Text
Jurnal PTK_Rifka Arum Safitri.pdf

Download (600kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SD merupakan wahana untuk membekali siswa dengan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari. IPA sangat penting diberikan sejak dini untuk menghasilkan generasi yang melek sains serta dapat menghadapi tantangan hidup yang semakin kompleks. Namun, dari permasalahan yang telah diuraikan menjadikan prestasi belajar IPA rendah. Dibuktikan dengan dokumentasi dari perolehan nilai siswa banyak yang masih di bawah Kriteria. Nilai KKM yang harus diperoleh siswa kelas IV pada mata muatan pelajaran IPA yaitu 70. Berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan presentasi yang tidak sesuai dengan harapan. Dari 32 siswa, hanya 9 siswa atau 28,13% siswa yang tuntas. Sedangkan 23 siswa tidak tuntas atau sekitar 71,8%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV B SD Negeri Kotagede 3 Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan beberapa siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Kotagede 3 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.. Instrumen pengumpulan data adalah soal tes, dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan prestasi belajar pada siswa kelas IV B SD Negeri Kotagede 3. Peningkatan persentase yaitu pada siklus I dengan persentase 67% menjadi 81,25%. Selain itu, terdapat pula peningkatan perolehan rata-rata skor keaktifan belahar dari siklus I sebesar 68,44%. dan rata-rata nilai tes siklus II sebesar 81,72%..
Kata Kunci : Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT), Keaktifan belajar, dan Prestasi Belajar

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item