PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TEMA 7 MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II C SDN BHAYANGKARA

Febriyanti, Tyas (2019) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TEMA 7 MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II C SDN BHAYANGKARA. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of Jurnal PTK_Tyas Febriyanti.pdf] Text
Jurnal PTK_Tyas Febriyanti.pdf

Download (289kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika di sekolah dasar dimaksudkan sebagai suatu
proses belajar mengajar dalam rangka mengembangkan kreativitas berpikir siswa
pada usia sekolah dasar dalam belajar bernalar secara kritis. Anak usia sekolah
dasar pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami Matematika yang
bersifat abstrak. Mengajarkan matematika juga harus mengajarkan konsep
matematika dengan menghubungkan dengan masalah dalam kehidupan seharihari.
Model pembelajaran Make a Match dengan media benda konkret dapat
meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran sehingga siswa mampu aktif
dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dengan
media benda konkret pada siswa kelas II C SD Negeri BhayangkaraTahun Ajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain
penelitian menggunakan beberapa siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
II C SD Negeri Bhayangkara yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Instrumen
pengumpulan data adalah soal tes, lembar angket dan lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi dan
prestasi belajar pada siswa kelas II C SD Negeri Bhayangkara. peningkatan
persentase yaitu pada siklus I dengan persentase 77% menjadi 80%. Selain itu,
terdapat pula peningkatan perolehan rata-rata nilai tes siklus I sebesar 73,67 dan
rata-rata nilai tes siklus II sebesar 81,83.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu penerapan model
pembelajaran Make a Match dengan media benda konkret dapat meningkatkan
motivasi dan prestasi belajar matematika.
Kata Kunci : Make a Match, Benda konkret, Motivasi, dan Prestasi Belajar

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16825

Actions (login required)

View Item View Item