PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 3 LEMAHBANG KISMANTORO MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING

Khoirotul Rosidah, Ulfa (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 3 LEMAHBANG KISMANTORO MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING. Jurnal PTK Pendidikan Profesi Guru Prajabatan 2018.

[thumbnail of JURNAL PTK_ULFA KHOIROTUL ROSIDAH.pdf] Text
JURNAL PTK_ULFA KHOIROTUL ROSIDAH.pdf

Download (760kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 3 Lemahbang Kismantoro Tahun Ajaran 2018/2019 menggunakan model Quantum Teaching.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Lemahbang Kismantoro, Wonogiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 3 Lemahbang Kismantoro yang berjumlah 10 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan sintaks TANDUR menggunakan teknik dan media pembelajaran bervariasi serta memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 3 Lemahbang Kismantoro. Hasil observasi pada siklus I setelah menggunakan model Quantum Teaching, rata-rata keaktifan siswa meningkat dari 60% menjadi 85,5%. Pada siklus II dengan adanya perbaikan pada siklus I, terjadi kenaikan rata-rata keaktifan belajar sebesar 8,9% yaitu dari 85,5% menjadi 94,4%. Tes hasil belajar siklus I setelah menggunakan model Quantum Teaching, nilai rata-rata meningkat dari 64,4 menjadi 90,2 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 50% menjadi 90%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 91,4 dengan ketuntasan belajar menjadi 100%.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Program Profesi Guru
Depositing User: Dikdo Harimawanto
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:55
Last Modified: 31 Jan 2020 02:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16826

Actions (login required)

View Item View Item