Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Masjid Kotagede Untuk Admin PCM Masjid Kotagede

Al Sya'na, Baharuddin Izha (2020) Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Masjid Kotagede Untuk Admin PCM Masjid Kotagede. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1700018257_JUDUL.pdf] Text
KP_1700018257_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of KP_1700018257_ISI LAPORAN.pdf] Text
KP_1700018257_ISI LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, misalnya saja pekerjaan rumah tangga yang sudah digantikan oleh robot, pekerja pabrik digantikan dengan mesin, jual beli yang dapat dilakukan melalui web atau aplikasi secara online.
Teknologi juga dipercaya untuk menyimpan data-data penting dari setiap instansi. Penyebaran teknologi informasi seperti ini belum menyebar ke bagian kalangan kecil seperti contohnya, ruko, pedagang pasar, masjid dll. Mereka menyimpan data penting hanya melalui buku yang sewaktu-waktu dapat hilang.
Dalam administrasi pengelolaan data yang ada di masjid masih lemah. Hal ini bisa terlihat dari sistem administrasi data sarana dan prasarana banyak yang tidak sesuai, dilakukan masih manual menggunakan buku besar. Proses pengelolaan keuangan masjid masih manual belum memiliki pelaporan yang standard dan kadang kurang akurat. Demikian juga pendataan jamaah belum ada secara rinci hanya perkiraan saja. Kegiatan-kegiatan yang ada seperti data kegiatan jamaah, inventaris, lazis, kurban belum ditangani berbasis komputer. Padahal hal ini sangat potensial untuk meningkatkan kemakmuran masjid dan tingkat kepercayaan jamaah terhadap pengelola masjid. Selain itu, berbagai publikasi kegiatan pengajian dan event lain masih terbatas dengan brosur dan papan pengumuman sehingga kurang tersosialisasi kepada jamaah sehingga kurangnya peserta dalam kegiatan.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Baharuddin Izha Al Sya'na
Date Deposited: 06 Feb 2020 09:09
Last Modified: 06 Feb 2020 09:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item View Item