Septiannjari, Dinindya Egi Wulan (2020) IMPLEMENTASI MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS V DI SD NEGERI JATIMALANG KABUPATEN PURWOREJO. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
JURNAL SKRIPSI PDF.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran secara intens menggunakan pendekatan, teknik, dan media
pembelajaran yang bervariasi diharapkan mampu membangkitkan minat siswa dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Namun metode yang digunakan saat ini masih ada
yang bersifat konvensional yaitu disampaikan langsung oleh guru pada saat
pembelajaran dikelas. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman dan daya tarik
siswa dalam belajar. Dengan adanya permasalahan tersebut perlu adanya penerapan
model pembelajaran yang berbeda yaitu, dengan mengimplementasikan model
pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah model
pembelajaran dimana para siswa aktif bekerja sama secara berkelompok dalam
menyelesaikan tugas kooperatifnya, terdiri dari empat sampai enam orang anggota
yang dipilih secara acak. Tujuan Penelitian adalah untuk mengimplementasikan
model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran mata pelajaran PKn pada siswa
kelas V SD Negeri Jatimalang Purworejo yang diharapkan dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan
bahwa implementasi model Jigsaw dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD
Negeri Jatimalang Purworejo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: implementasi, pembelajaran, model Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 08 Feb 2020 01:22 |
Last Modified: | 08 Feb 2020 01:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/16980 |
Actions (login required)
View Item |