Sertifikat HKI untuk PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG BAGI REGULATOR DALAM MENETAPKAN REGULASI PENANGANAN PONSEL BEKAS

Budijati, Siti Mahsanah and Pujawan, I Nyoman (2019) Sertifikat HKI untuk PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG BAGI REGULATOR DALAM MENETAPKAN REGULASI PENANGANAN PONSEL BEKAS. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

[thumbnail of sertifikat_EC00201986798-kedua.pdf] Text
sertifikat_EC00201986798-kedua.pdf

Download (772kB)

Abstract

DESKRIPSI SISTEM
Regulator adalah pihak pemerintah maupun lembaga yang memiliki wewenang menetapkan aturan atau regulasi tertentu. Regulator dalam sistem ini adalah pihak-pihak yang memiliki wewenang menetapkan aturan penanganan ponsel bekas, seperti pihak pengambil keputusan pada Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Daerah, anggota DPR/ DPRD yang terkait masalah lingkungan.
Faktor pendorong adalah berbagai faktor yang dapat mendorong/ memacu/ mendukung pelaksanaan aktivitas/ kegiatan tertentu. Pada sistem ini, faktor pendorong yang dimaksud merupakan faktor-faktor yang mampu mendorong para regulator untuk menetapkan regulasi penanganan ponsel bekas. Faktor-faktor pendorong ini ditetapkan berdasar literature review.
Penetapan regulasi merupakan aktivitas mengusulkan, merancang, mendiskusikan, hingga menetapkan aturan tertentu. Penetapan regulasi dalam sistem ini adalah regulasi penanganan ponsel bekas.
Panduan penentuan faktor pendorong penetapan regulasi ini merupakan prosedur dalam menentukan faktor pendorong bagi regulator untuk menetapkan aturan penanganan ponsel bekas. Langkah penentuan faktor pendorong merujuk pada langkah-langkah metode DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory), dan selanjutnya pada sistem ini langkah-langkah tersebut dikerjakan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses penentuan faktor pendorong meliputi beberapa tahap yaitu: penyebaran kuesioner kepada pelaku formal sesuai faktor yang ditetapkan, penginputan data kuesioner, pengolahan data sesuai langkah-langkah DEMATEL, pembuatan diagram IRM (Impact Relation Map), pembuatan diagram causal effect, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Siti Mahsanah Budijati
Date Deposited: 10 Feb 2020 00:53
Last Modified: 10 Feb 2020 00:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item View Item