PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG KOLABORASI PADA PELAKU FORMAL DALAM PENANGANAN PONSEL BEKAS

Budijati, Siti Mahsanah and Pujawan, I Nyoman (2019) PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG KOLABORASI PADA PELAKU FORMAL DALAM PENANGANAN PONSEL BEKAS. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Prosedur penentuan faktor Pendorong Kolaborasi.pdf] Text
Prosedur penentuan faktor Pendorong Kolaborasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DESKRIPSI SISTEM
Pelaku formal penanganan ponsel bekas merupakan pelaku pada jalur resmi yang dibentuk oleh perusahaan ponsel untuk menjalankan program pengambilan kembali (take back program) ponsel yang sudah tidak digunakan lagi oleh konsumen. Selanjutnya, hasil pengolahan diharapkan dapat dimanfaatkan kembali untuk pembuatan produk baru atau produk lain, sementara proses recovery dilakukan dengan teknologi yang memadai sehingga aman bagi lingkungan.
Kolaborasi merupakan aktivitas kerjasama diantara beberapa pihak dapat berupa individu atau organisasi/ perusahaan/ institusi/ lembaga dan sebagainya untuk mencapai tujuan tertentu. Kolaborasi yang dimaksud dalam sistem ini merupakan kolaborasi antara pelaku formal dan pelaku informal dalam penanganan ponsel bekas.
Pelaku informal penanganan ponsel bekas merupakan pelaku pada pasar second hand ponsel yang memiliki usaha jual beli ponsel bekas, reparasi ponsel, dan lain-lain. Mereka juga menangani komponen bekas ponsel dengan cara disimpan, dijual ke pengepul, dijual online, digunakan untuk kanibalisasi, serta dibuang/ dibakar.
Faktor pendorong adalah berbagai faktor yang dapat mendorong/ memacu/ mendukung pelaksanaan aktivitas/ kegiatan tertentu. Pada sistem ini, faktor pendorong yang dimaksud merupakan faktor-faktor yang mampu mendorong kolaborasi pada pelaku formal untuk penanganan ponsel bekas bersama pelaku informal. Faktor-faktor pendorong ini ditetapkan berdasar literature review dan dilakukan validasi ke pelaku jalur formal.
Panduan penentuan faktor pendorong kolaborasi ini merupakan prosedur dalam menentukan faktor pendorong bagi pelaku formal untuk melaksanakan kolaborasi dengan pelaku informal dalam penanganan ponsel bekas. Langkah penentuan faktor pendorong merujuk pada langkah-langkah metode DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Laboratory), dan selanjutnya pada sistem ini langkah-langkah tersebut dikerjakan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses penentuan faktor pendorong meliputi beberapa tahap yaitu: penyebaran kuesioner kepada pelaku formal sesuai faktor yang ditetapkan, penginputan data kuesioner, pengolahan data sesuai langkah-langkah DEMATEL, pembuatan diagram IRM (Impact Relation Map), pembuatan diagram causal effect, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Siti Mahsanah Budijati
Date Deposited: 10 Feb 2020 00:53
Last Modified: 10 Feb 2020 00:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item