Sertifikat HKI untuk PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG AKTIVITAS REVERSE LOGISTICS PADA PELAKU FORMAL DALAM PENANGANAN PONSEL BEKAS

Budijati, Siti Mahsanah and Pujawan, I Nyoman (2020) Sertifikat HKI untuk PANDUAN PENENTUAN FAKTOR PENDORONG AKTIVITAS REVERSE LOGISTICS PADA PELAKU FORMAL DALAM PENANGANAN PONSEL BEKAS. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

[thumbnail of sertifikat_EC00202003534-keenam.pdf] Text
sertifikat_EC00202003534-keenam.pdf

Download (772kB)

Abstract

DESKRIPSI SISTEM
Pelaku formal penanganan ponsel bekas merupakan pelaku pada jalur resmi yang dibentuk oleh perusahaan ponsel untuk menjalankan program pengambilan kembali (take back program) ponsel yang sudah tidak digunakan lagi oleh konsumen. Selanjutnya, hasil pengolahan diharapkan dapat dimanfaatkan kembali untuk pembuatan produk baru atau produk lain, sementara proses recovery dilakukan dengan teknologi yang memadai sehingga aman bagi lingkungan.
Reverse logistics (RL) merupakan kegiatan pengelolaan barang yang tidak lagi digunakan oleh konsumen atau barang yang berupa return dari partner dalam supply chain untuk dikembalikan ke titik asal. Aktivitas RL melakukan recovery terhadap barang tersebut sehingga bagian atau seluruh barang dapat dimanfaatkan kembali. Barang yang dikelola dapat berupa produk atau kemasan, seperti end of life (EOL) product, end of use product, product recall, return untuk penyeimbangan stock, return bagi produk yang tidak terjual, kemasan yang dapat digunakan kembali, kemasan multi trip, dan lain-lain.
Faktor pendorong adalah berbagai faktor yang dapat mendorong/ memacu/ mendukung pelaksanaan aktivitas/ kegiatan tertentu. Pada sistem ini, faktor pendorong yang dimaksud merupakan faktor-faktor yang mampu mendorong aktivitas reverse logistics pada pelaku formal. Faktor-faktor pendorong ini ditetapkan berdasar literature review dan selanjutnya dilakukan validasi lapangan.
Panduan penentuan faktor pendorong aktivitas reverse logisticsini merupakan prosedur dalam menentukan faktor pendorong bagi pelaku formal untuk melaksanakan aktivitas reverse logistics dalam penanganan ponsel bekas. Langkah penentuan faktor pendorong merujuk pada langkah-langkah metode DEMATEL (Decision MakingTrial and Evaluation Laboratory), dan selanjutnya pada sistem ini langkah-langkah tersebut dikerjakan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Proses penentuan faktor pendorong meliputi beberapa tahap yaitu: penyebaran kuesioner kepada pelaku formal sesuai faktor yang ditetapkan, penginputan data kuesioner, pengolahan data sesuai langkah-langkah DEMATEL, pembuatan diagram IRM (Impact Relation Map), pembuatan diagram causal effect, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Siti Mahsanah Budijati
Date Deposited: 10 Feb 2020 00:56
Last Modified: 10 Feb 2020 00:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/17019

Actions (login required)

View Item View Item