HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hidayah, Nur M (2020) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN FLOW AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of upload naskah publikasi.pdf]
Preview
Text
upload naskah publikasi.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara iklim kelas dan self
regulated learning dengan flow akademik pada siswa sekolah menengah
pertama, populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Kretek
yang berjumlah 116. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan alat ukur skala psikologi sebagai alat pengumpulan data. Teknik
pengambilan data ini menggunakan teknik cluster random sampling. Skala
yang digunakan adalah skala iklim kelas, skala self regulated learning dan
skala flow. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa
ada hubungan positif antara iklim kelas dan self regulated learning dengan
flow dengan nilai koefisien korelasi p= 0,476 dengan taraf signifikan 0,000
lebih kecil dari (p<0,05). Terdapat adanya hubungan yang positif antara
iklim kelas dengan flow dengan nilai koefisien korelasi p= 0,213 dengan
taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari (p<0,05). Terdapat hubungan positif
antara self regulated learning dengan flow dengan nilai koefisien korelasi
p= 0,325 dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari (p<0,05). Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan
antara iklim kelas dan self regulated learning dengan flow akademik pada
siswa SMP Negeri 2 Kretek, variabel iklim kelas dan self regulated
learning memberikan sumbangan efektif sebesar 22,7%.
Kata Kunci : Flow, Iklim Kelas, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 25 Feb 2020 05:01
Last Modified: 25 Feb 2020 05:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/17227

Actions (login required)

View Item View Item