ETIKA PROFETIK DALAM CERPEN ABAH BILANG TUHAN TIDAK ADA KARYA MOHAMMAD DIPONEGORO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Ramadhan, Fathurahman (2020) ETIKA PROFETIK DALAM CERPEN ABAH BILANG TUHAN TIDAK ADA KARYA MOHAMMAD DIPONEGORO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img] Text
T1_1400003108_ARTIKEL.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Etika Profetik Dalam Cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada Karya Mohammad Diponegoro Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA”. Penelitian ini diperlukan untuk memupuk kembali rasa kemanusiaan tersebut. Cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada Karya Mohammad Diponegoro menceritakan etika profetik yang digambarkan melalui cerita yang diangkat. Etika profetik perlu diberikan kepada peserta didik untuk memperkuat kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan. Cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada Karya Mohammad Diponegoro memberikan contoh etika profetik Kuntowijoyo. Etika profetik Kuntowijoyo meliputi unsur humanisasi, liberasi serta transendensi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan etika profetik yang terdapat dalam Cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada Karya Mohammad Diponegoro. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang berpusat pada deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kumpulan cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada karya Mohammad Diponegoro. Penelitian ini memiliki dua objek penelitian yaitu objek material dan objek formal. Objek material penelitian ini adalah etika profetik dalam kumpulan cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada karya Mohammad Diponegoro. Sedangkan objek formal penelitian ini adalah (1) Etika profetik dalam kumpulan cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada karya Mohammad Diponegoro (2) etika profetik dalam kumpulan cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada karya Mohammad Diponegoro sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca catat dan teknik kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan kartu data untuk instrumen penelitian. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) unsur humanisasi ditemukan sebanyak 15 data. Terdiri dari 13 data manusia mesin dan 2 data manusia dan masyarakat massa. (2) unsur liberasi ditemukan sebanyak 6 data. 5 data ditemukan pada cerpen “Abah Bilang Tuhan Tidak Ada” dan 1 data ditemukan pada cerpen “Persetujuan Dengan Tuhan”. Data liberasi terdiri dari data penindasan politik dan ketidakadilan ekonomi. (3) unsur transendensi ditemukan sebanyak 10 data. 6 data ditemukan pada cerpen “Persetujuan Dengan Tuhan” dan 4 data ditemukan pada cerpen “Abah Bilang Tuhan Tidak Ada”. 10 data tersebut merupakan data transendensi teistik. (4) Kumpulan cerpen Abah Bilang Tuhan Tidak Ada karya Mohammad Diponegoro memenuhi kriteria sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 07 Mar 2020 02:05
Last Modified: 07 Mar 2020 02:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/17623

Actions (login required)

View Item View Item