Dikdik Baehaqi Arif, DBA (2012) Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Pengembangan Karakter Bangsa: Prospek dan Tantangan di Tengah Masyarakat yang Multikultural. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kependidikan, 1 (1). pp. 85-98. ISSN 1411-6561
Preview |
Text
Dikdik_PKn_dan_Karakter.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sebagai program kurikuler, mata kuliah pendidikan kewarganegaraan dapat dijadikan wahana pengembangan karakter bangsa dalam masyarakat yang multikultural melalui tiga cara. Pertama, ke dalam materi kajian mata kuliah pendidikan kewarganegaraan disisipkan nilai-nilai karakter bangsa yang penting dimiliki oleh setiap warga negara sebagai karakter individu agar pada gilirannya dapat terakumulasi menjadi karakter bangsa. Kedua, kelas pendidikan kewarganegaraan difungsikan sebagai laboratorium demokrasi, yang mengubah proses pembelajaran yang dominative menjadi integrative, dan ketiga memerankan masyarakat dan lingkungan sebagai sumber belajar pendidikan kewarganegaraan.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dikdik Baehaqi Arif |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 04:10 |
Last Modified: | 18 Dec 2012 04:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/1767 |
Available Versions of this Item
- Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Pengembangan Karakter Bangsa: Prospek dan Tantangan di Tengah Masyarakat yang Multikultural. (deposited 18 Dec 2012 04:10) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |