PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DARI PELAKU PEDHOPILIA

Anggraeny, Kurnia Dewi PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DARI PELAKU PEDHOPILIA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of PROSIDING MAHUPIKI KUPANG.pdf] Text
PROSIDING MAHUPIKI KUPANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Perkembangan zaman yang semakin meluas ke segala aspek tidak bisa dipungkiri dapat mengubah daya pikir dan upaya manusia untuk melakukan sesuatu yang dianggapnya benar atau dengan menghalalkan segala cara. Penurunan nilai moral di dalam diri seseorang mengakibatkan hapusnya rasa kemanusiaan yang seharusnya dapat diukur menggunakan hati nurani menjadi tidak bisa membedakan perbuatan yang baik dan buruk.
Salah satu hal yang harus dan penting untuk diwaspadai adalah perilaku kekerasan seksual terhadap anak merupakan cerminan dari salahnya pergaulan seseorang yang mengakibatkan kepribadiannya menjadi berbeda dengan orang kebanyakan. Padahal anak merupakan harta yang paling berharga bagi orang tuanya masing-masing dan akan menjadi penerus bangsa yang nantinya dapat berguna untuk pembangunan masa depan Indonesia.
Pelaku kekerasan seksual terhadap anak menjadi ancaman yang menakutkan bagi anak-anak, terlebih jika pelaku menderita pedophilia di mana ia pasti akan merasa tidak pernah puas untuk meluapkan keinginan seksualitasnya dengan cara yang salah dan melawan hukum.
Seseorang yang dinyatakan benar-benar mengalami pedophilia (ada gangguan mental) atau hanya sakit sosial sementara, perlu dinyatakan secara tegas dalam peraturan perlindungan anak demi kepastian dan keadilan hukum. Hal ini terkait dengan kemampuan pelaku bertanggung jawab atas perbuatannya dan perlindungan hukum bagi anak sebagai korban kekerasan seksual dari pelaku pedophilia yang dapat dianggap mengalami gangguan jiwa.

Kata Kunci: Anak, Kekerasan Seksual, Pedophilia

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > Faculty of Law (FH) Doc
Depositing User: Kurnia Dewi Anggraeny
Date Deposited: 06 Mar 2020 09:47
Last Modified: 06 Mar 2020 09:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item