Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Dalam Meningkatkan Trafik Menggunakan White Hat SEO

Saputro, Wahyu (2020) Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Dalam Meningkatkan Trafik Menggunakan White Hat SEO. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1300016049 _NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mataram Catering memiliki situs web dengan nama domain http://mataramcatering.com sebagai media promosi usaha cateringnya. Situs web tersebut belum adanya optimasi untuk meningkatkan kunjungan trafik pada website mataram catering. Dengan diterapkannya teknik (Search Engine Optimization) SEO pada website Mataram Catering, maka diharapkan dapat meningkatkan posisi website menjadi posisi teratas. Teknik SEO yang akan diterapkan pada website Mataram Catering menggunakan White Hat SEO. Langkah - langkah yang dilakukan dalam upaya menerapkan SEO adalah observasi untuk pengumpulan data awal dengan pengamatan langsung terhadap situs web Mataram catering dengan tools online, menganalisa kebutuhan optimasi, melakukan optimasi SEO On Page dan Off Page, Analisis, Desain, Implementasi, Testing, dan kemudian melakukan Evaluasi. Metode SEO On Page dilakukan dengan menerapkan Title Tag, Meta Description, Meta Keyword, Heading Tag, Image Optimization dan Internal Link, sedangkan SEO Off Page dilakukan dengan menggunakan Backlink. Hasil pengukuran awal menunjukan hasil yang kurang optimal, berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan optimasi. Hasil dari optimasi penerapan SEO On Page dan Off Page, menunjukan kenaikan yang sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dari pengukuran akhir menggunakan Google Analitycs untuk melihat kenaikan posisi website. Dalam grafik tersebut terlihat dari semua parameter mengalami peningkatan setelah dilakukan optimasi, pengguna mengalami peningkatan dari 6 pengguna menjadi 184, pengguna baru mengalami peningkatan dari 6 menjadi 174 pengguna baru, sesi mengalami peningkatan dari 7 menjadi 288 sesi, jumlah sesi perpengguna mengalami peningkatan dari 1,17 menjadi 1,57 jumlah sesi perpengguna, tayangan halaman mengalami peningkatan dari 9 menjadi 698 tayangan halaman, dan halaman/sesi juga mengalami peningkatan dari 1,29 menjadi 2,42 halaman/sesi. Kata kunci : Search Engine Optimization, White Hat SEO, On page Optimization, Off page Optimization

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 14 Mar 2020 03:39
Last Modified: 14 Mar 2020 03:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18179

Actions (login required)

View Item View Item