Pengembangan Model Simultan Competitive Facility Location and DesignProblem dengan mempertimbangkan Regulasi Pemerintah dan Indeks Kepadatan Fasilitas

Linarti, Utaminingsih (2016) Pengembangan Model Simultan Competitive Facility Location and DesignProblem dengan mempertimbangkan Regulasi Pemerintah dan Indeks Kepadatan Fasilitas. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan PDP Akhir.pdf]
Preview
Text
Laporan PDP Akhir.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan mengembangkan model competitive facility location and design problem (CFLDP). Terdapat dua tipe fasilitas yang berbeda karakteristik, yaitu fasilitas tipe I dan tipe II. Fasilitas tipe II terdiri dari n jenis retail. Salah satu jenis retail memiliki jumlah pelaku usaha yang banyak. Terdapat pelaku usaha baru jenis retail dengan jumlah pelaku banyak. Pelaku usaha jenis retail dengan jumlah pelaku banyak lama saling berkompetisi untuk mendapatkan keuntungan maksimum masing-masing. Setiap pelaku usaha jenis retail dengan pelaku banyak lama akan menyesuaikan level daya tarik fasilitas yang sudah ada untuk berkompetisi. Fungsi tujuan dari penelitian ini adalah memaksimumkan besarnya keuntungan yang diperoleh semua jenis retail dengan pelaku banyak dengan adanya fasilitas baru dari pelaku usaha baru. Penentuan lokasi fasilitas beserta level daya tarik fasilitas dan level daya tarik fasilitas jenis retail dengan jumlah pelaku lama juga akan dijelaskan. Penentuan proporsi kunjungan setiap fasilitas menggunakan model Huff.
Model CFLDP yang akan dikembangkan mempertimbangkan adanya jumlah maksimum fasilitas dalam suatu wilayah dan mempertimbangkan regulasi pemerintah yang mengatur jarak dan jalan yang diperbolehkan untuk mendirikan fasilitas baru jenis retail minimarket.
Pengembangan model merupakan model simultan CFLDP. Variabel keputusan bersifat diskrit dan kontinyu. Algoritma solusi menggunakan pendekatan penyelesaian Nash Equilibrum. Validasi model dilakukan menggunakan data riil Kota Yogyakarta.

Kata kunci : Lokasi dan Desain Fasilitas, Model Huff, Daya Tarik Fasilitas, Regulasi, Saturasi Regional

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: Utaminingsih "tami" Linarti
Date Deposited: 01 May 2020 06:25
Last Modified: 01 May 2020 06:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item