PENGARUH TEBAL LAPISAN PADA TEBAL DINDING DOMAIN TIPE BLOCH DAN NEEL PADA BAHAN PERMALLOY

Toifur, Moh. (2009) PENGARUH TEBAL LAPISAN PADA TEBAL DINDING DOMAIN TIPE BLOCH DAN NEEL PADA BAHAN PERMALLOY. [Artikel Dosen]

[thumbnail of spfa1.pdf] Text
spfa1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pada penelitian ini ditampilkan hasil komputasi pengaruh tebal lapisan pada tebal dinding domain tipe Bloch dan Neel dengan pendekatan model silinder elipsoida. Rumus ketergantungan tebal dinding domain terhadap tebal lapisan diperoleh dari minimalisasi energi sistem yang terdiri dari energi pertukaran, energi anisotropi dan energi magnetostatik. Parameter yang diatur berupa energi anisotropi, magnetisasi jenuh, konstanta anisotropi orde 1 untuk bahan permalloy, sedangkan tebal lapisan di pasang mulai dari 0 - 1800Å. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dinding domain tipe Bloch semakin tebal lapisan semakin tebal dinding domain, sedangkan untuk dinding domain tipe Neel menunjukkan terdapat kecenderungan semakin tebal lapisan, tebal dinding domain semakin berkurang. Dari energinya, pada kedua tipe dinding domain diketahui energi sistem menurun secara eksponensial terhadap tebal lapisan, namun untuk ketebalan kurang dari 1000Å energi dinding tipe Neel jauh lebih besar dibandingkan energi dinding domain tipe Bloch.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Dr., M.Si. Moh Toifur
Date Deposited: 02 May 2020 20:30
Last Modified: 02 May 2020 20:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item