Analisis Kesalahan Penerapan Konsep Regresi Linear pada Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan

Khasanah, uswatun Analisis Kesalahan Penerapan Konsep Regresi Linear pada Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Pendidikan Matematika , Ilmu Matematika dan matematika terapan "AdmathEdu, 3 (2). ISSN 2088-687X.

[thumbnail of analisis kesalahan.pdf] Text
analisis kesalahan.pdf

Download (596kB)

Abstract

Rasio jumlah mahasiswa yang mengambil skripsi dengan jumlah dosen cukup besar sehingga proses pembimbingan kurang maksimal. Makalah ini bertujuan mengetahui proporsi skripsi yang terjadi kesalahan penulisan rumus, kesalahan konsep regresi linear, kesalahan membaca tabel statistic, kesalahan menarika kesimpulan, jenis kesalahan yang banyak terjadi pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan, proporsi skripsi yang terjadi kesalahan.
Pendekatan yang diguhakan dalam analisis ini adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan pada fakta pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Metode pengumpulan data dengan studi dokumen yang berupa data yang ada pada skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik membaca berulang-ulang dan pencatatan. Analisis data yang dilakukan mempunyai beberapa karakteristik yaitu bersifat deskripstif, alamiah, dan induktif.
Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skripsi dapat mengalami beberapa kriteria kesalahan yaitu kesalahan penulisan rumus, kesalahan hitung, kesalahan menentukan hipotesis, kesalahan menentulkan nilai tabel statistic, dan kesalahan menarik kesimpulan. Kriteria kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan hitung yaitu sebesar 34,78% dan yang paling sedikit terjadi adalah kesalahan menentukan hipotesis yaitu sebesar 0,72%. Unsur-unsur analisis regresi yang rawan terjadi kesalahan adalah menentukan koefisien regresi linear sederhana dan ganda, koefisien korelasi, sumbangan efektif dan sumbangan relative,uji linearitas dan uji korelasi. Unsur analisis regresi yang paling banyak terjadi kesalahan adalah menentukan sumbangan efektif dan sumbangan relative. Sedangkan unsur yang paling sedikit terjadi kesalahan adalah menentukan uji linearitas sebesar 10,43%

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: msc uswatun Khasanah
Date Deposited: 04 May 2020 00:34
Last Modified: 04 May 2020 00:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item View Item